Cara Optimasi Gambar atau Images untuk Google

internetmarketinglounge.com – Sebagian orang memfokuskan SEO hanya pada konten berupa teks atau artikel. Mereka tidak tahu bahwa ada lagi penarik visitor yang bisa dibilang bagaikan lahan basah bagi setiap orang yang ingin mendapatkan trafik melimpah. Hal tersebut adalah gambar atau image.

Cara Optimasi Gambar untuk Google

Perlu diketahui bersama bahwa Google Image Search bisa mengambil peran besar akan peringkat situs pada mesin pencari teks.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengetahui beberapa cara optimasi gambar atau images untuk Google berikut ini.

 

  1. Menggunakan atribut alt

Aribut alt merupakan teknik SEO dasar agar memudahkan robot Google mengindikasi jenis dari gambar tersebut. Mengapa? Karena algoritma tidak bisa membaca gambar secara spesifik terhadap kata kunci kecuali ada teks di sana. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan kata kunci pada alt.

 

Di sisi lain, aribut alt juga dibutuhkan oleh manusia, karena Mereka akan membaca deskripsi dari gambar. Semakin relevan deskripsi tersebut, maka Mereka akan lebih menyukainya. Oleh sebab itu, pastikan Anda menyisipkan atribut alt bukan hanya dengan kata kunci, namun juga dengan kalimat yang readable (dapat dibaca).

 

  1. Memilih hosting yang otoritatif

Jangan remehkan hosting untuk menyimpan images atau gambar Anda. Pastikan gambar tidak hilang dalam jangka waktu lama. Jangan lupa juga untuk memilih hosting yang kuat, sehingga gambar bisa ditampilkan dengan cepat. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa memilih hosting gratis nan populer, semisal Picasa, Flickr, Blogspot dan Wikipedia.

 

  1. Kata kunci pada nama gambar

Selain pada atribut alt, Anda juga bisa memasang kata kunci pada nama dari file gambar. Contoh saja, gambar Anda tentang bola basket. Anda bisa memberi nama file tersebut “bola-basket.jpg”.

 

  1. Internal link

Cara optimasi gambar atau images untuk Google selanjutnya adalah dengan membangun internal link. Tidak jauh berbeda dengan internal link pada artikel, Anda juga bisa menyisipkan link pada gambar untuk di arahkan ke konten lainnya. Tentunya arahkan link ke konten yang relevan sehingga pengunjung bisa tahan berlama-lama di dalam situs Anda. Jangan lupa juga menggunakan anchor text atau teks jangkar dengan kata kunci yang relevan pula.

 

  1. Optimalisasi artikel di sekitar gambar

Ini sangat penting, karena bersamaan dengan memindai gambar, robot Google juga akan memindai teks pada sekitar gambar tersebut. Semakin relevan teks-teks tersebut dengan gambar, maka kemungkinan untuk konten dan gambar di ranking dengan baik lebih tinggi dibandingkan tidak adanya penyebaran kata kunci pada teks di sekitar gambar.

 

  1. Perbaharui gambar

Memperbaharui selalu gambar pada kata kunci populer yang Anda bidik juga merupakan salah satu cara optimasi gambar atau images untuk Google yang sangat penting. Menurut beberapa pakar disebutkan bahwa memperbaharui isi konten dengan cara mengunggah gambar baru bisa meningkatkan pencarian sesuai dengan relevansi dari gambar itu sendiri. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan riset setiap saat pada konten-konten yang dianggap menyumbang banyak visitor.

 

  1. Memilih format gambar yang benar

Tentunya format gambar juga bisa jadi penting dalam beberapa keadaan. Secara umum format .jpg memiliki kepopuleran untuk gambar-gambar tipe statis. Sedangkan untuk grafis dan gambar animasi lainnya biasa menggunakan format .gif.

 

  1. Memperhatikan jumlah gambar dan folder

Cara optimasi gambar atau images untuk Google yang terakhir pada pembahasan kali ini adalah dengan memperhatikan jumlah gambar pada setiap halaman. Pastikan gambar pada konten yang Anda buat tidak terlalu banyak, namun juga jangan terlalu sedikit. Buat halaman tidak berat karena gambar yang ada pada konten. Anda juga bisa memisahkan folder artikel dengan gambar atau images. Hal semacam ini bisa secara otomatis dilakukan jika Anda menggunakan WordPress. Anda juga bisa menggunakan images compress untuk menekan ukuran gambar.

Related Posts

About The Author

Add Comment